TP PKK Desa Mulyodadi Menyelenggarakan Pelatihan Pangrukti Loyo

Administrator 14 Agustus 2017 12:07:53 WIB

Mulyodadi - Pada Jumat 11 Agustus 2017, TP PKK Desa Mulyodadi menyelenggarakan pelatihan Pangrukti Loyo yang diikuti oleh pengurus dan anggota PKK Desa Mulyodadi.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dilatih tentang tata cara pengurusan jenazah. Mulai dari mengenali dan memahami apa yang harus dilakukan ketika menjelang seseorang sakaratul maut, bagaimana memandikan jenazah yang benar, sampai dengan prosesi mengkafani jenazah. Dijelaskan pula hal-hal yang sebaiknya dihindari dan tidak diperbolehkan dalam pengurusan jenazah. Kegiatan dibimbing langsung oleh Bapak Ust. Suwardiman yang pekerjaan kesehariannya sebagai pengurusan jenazah di RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Secara islami, pengurusan jenazah perempuan seharusnya juga dilakukan oleh perempuan dan mukhrimnya. Oleh karena itu, PKK Desa Mulyodadi memandang penting bagi setiap dusun memiliki tim pangrukti loyo. Harapannya kegiatan pelatihan ini dapat ditindaklanjuti di masing-masing Dusun sehingga kegiatan pangrukti loyo semakin baik, diterapkan sesuai dengan aturan agama.

Diakhir kegiatan, peserta diminta untuk praktek mengkafani jenazah perempuan, setelah sebelumnya diberi penjelasan tentang jenis dan penggunakan kain kafan. (Admin Desa)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License