Merti Dusun Padukuhan Paker

Tim Kreatif 08 September 2024 21:40:19 WIB

MulyodadiNews - Minggu (1/9/2024) Padukuhan Paker menyelenggarakan acara spektakuler yakni Merti Dusun yang diikuti dengan penuh warna. Acara ini diawali dengan Gejog Lesung, sebuah tradisi lokal yang meriah, diikuti oleh pembukaan resmi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dengan diiringi doa bersama, acara ini menegaskan makna perayaan sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas segala berkah yang diterima. Sambutan dari Ketua Panitia dan Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, menambah kehangatan acara ini, sementara pelepasan Kirab Bregada Rakyat menandai puncak dari rangkaian kegiatan yang disertai dengan tembang mocopat dan reroncen Gurit Prasojo.

Kirab Bregada Rakyat, yang dilepas langsung oleh Bupati Bantul, merupakan salah satu highlight dari Merti Dusun Paker. Diiringi dengan tembang mocopat dan musik reroncen, kirab ini menampilkan kemeriahan dan kekayaan budaya lokal. Pentas Kesenian Reog oleh kelompok Mudo Prakoso Paker menambah semarak acara dengan penampilan yang memukau dan penuh energi, memberikan tontonan yang menggembirakan bagi seluruh peserta.

Hadir dalam acara ini adalah berbagai tokoh penting, termasuk Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ari Sapto Nugroho, S.H. selaku Lurah Mulyodadi, Dukuh setempat, pihak Kalurahan, Panewu Bambanglipuro, serta perwakilan TNI AD dan Bhabinkamtibmas. Kehadiran mereka menandakan dukungan dan komitmen terhadap pelestarian budaya dan penguatan nilai-nilai sosial di masyarakat.

Merti dusun ini merupakan bentuk upaya untuk melestarikan budaya serta sebagai simbol rasa syukur masyarakat Paker atas apa yang telah diberikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memperkuat nilai-nilai sosial dan budaya serta tidak hanya menjadi momen perayaan tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat hubungan antarwarga dan memperkaya kehidupan sosial serta budaya di Padukuhan Paker. (TimKre)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License