Penutupan Latihan Membatik Kalurahan Mulyodadi

Tim Kreatif 08 September 2024 21:34:47 WIB

MulyodadiNews - Pada Jumat (30/8/ 2024) Kalurahan Mulyodadi bertempat di aula kalurahan, mengadakan penutupan pelatihan batik gayam yang telah berlangsung selama 12 hari. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari ibu-ibu di Kalurahan Mulyodadi. Para peserta tersebut telah mengikuti pelatihan yang mencakup berbagai teknik pembuatan batik, termasuk teknik cap, teknik batik tulis, hingga tahap finishing. Selama pelatihan, peserta tidak hanya mempelajari proses pembuatan batik gayam tetapi juga secara aktif mempraktekkan keterampilan mereka untuk menciptakan karya batik yang unik.

Pada hari terakhir pelatihan, para peserta menunjukkan hasil karya mereka melalui fashion show. Acara ini tidak hanya menampilkan hasil akhir dari pelatihan, tetapi juga menjadi ajang bagi ibu-ibu peserta untuk memperlihatkan kreativitas dan keterampilan mereka dalam membatik.

Andika Nurul Huda selaku pendamping desa budaya Kalurahan Mulyodadi, berharap agar ibu-ibu peserta terus mengembangkan dan mencintai batik gayam sebagai bagian dari warisan budaya mereka. Batik gayam diharapkan tidak hanya menjadi produk lokal yang berharga tetapi juga simbol kebanggaan dan identitas Kalurahan Mulyodadi.

Dengan selesainya pelatihan ini, diharapkan ibu-ibu peserta dapat menerapkan keterampilan yang telah mereka pelajari dalam usaha batik gayam mereka sendiri. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat peran batik gayam dalam ekonomi lokal serta melestarikan seni dan budaya yang menjadi warisan penting bagi komunitas Kalurahan Mulyodadi. (TimKre)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License