Wisuda Pawiyatan Pranatacara Dan Pamedharsabda

Tim Kreatif 22 Juni 2024 09:56:07 WIB

MulyodadiNews - Kalurahan Mulyodadi menggelar kegiatan wisuda pawiyatan Pranatacara dan Pamedharsabda dengan jumlah peserta sebanyak 40 peserta.

Wisuda Pranatacara adalah wisuda yang diselenggarakan setelah para peserta pranatacara atau pembawa acara dalam bahasa Jawa dan pemerdhasabda atau seseorang yang bertugas menyampaikan pidato dalam bahasa Jawa ini telah menyelesaikan latihannya dengan baik.

Kegiatan yang digelar oleh Kalurahan Mulyodadi yang juga menjadi Kalurahan Mandiri budaya ini, sebelumnya telah melaksanakan kegiatan pelatihan terlebih dahulu yang berlangsung selama 20 hari. Kegiatan ini bersumber dari dana IS atau Dana Keistimewaan dan bekerja sama dengan DPD Paguyuban Pranatacara Yogyakarta Kabupaten Bantul.

Ari Sapto Nugroho selaku Lurah Kalurahan Mulyodadi menuturkan harapannya agar kegiatan pranatacara dan pamedharsabda ini terus berlangsung dan dapat mengumpulkan lebih banyak lagi kelas kedepannya.

“Semoga kegiatan ini dapat bermakna bagi warga, khususnya yang mengikuti pelatihan atau pawiyatan ini dan selanjutnya dapat praktek sebagai pranatacara atau Pamedharsabda di Padukuhannya masing-masing. Semoga ditahun depan kegiatan ini dapat terus berlangsung dengan kelas yang lebih banyak.” Ujarnya.

Ketua DPD Paguyuban Pranatacara Yogyakarta Kabupaten Bantul, Bapak Ahmad Efendi, juga ikut menuturkan harapannya akan kegiatan pranatacara dan pamedharsabda yang berlangsung di Kalurahan Mulyodadi ini.

“Mugi mugi punripun pawiyatan pranatacara lan pemerdhasabda menika kinarya sangu dhateng para pandherek tengeripun langkung-langkung katur para Mudha ingkang remen sanget gegulang budaya Jawi terutami basa lan sastra.” Ucapnya. (TimKre)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License