Pendadaran Pawiyatan Pranatacara dan Pamedharsabda Angkatan 1

Tim Kreatif 19 Juni 2024 08:47:05 WIB

MulyodadiNews - Dalam upaya melestarikan seni dan budaya Jawa, khususnya dalam bidang pranatacara (pembawa acara adat Jawa) dan pamedharsabda (pembicara atau narator dalam acara adat), Pemerintah Kalurahan Mulyodadi mengadakan pendadaran atau ujian akhir bagi para peserta pelatihan angkatan pertama.

Acara pendadaran ini merupakan puncak dari proses pendidikan dan pelatihan intensif yang telah dijalani oleh para peserta. Sebanyak 20 peserta didik mengikuti ujian ini dengan penuh semangat. Mereka diuji kemampuan dalam menyusun dan membawakan acara adat Jawa, serta kefasihan dalam penggunaan bahasa Jawa krama inggil (bahasa Jawa halus).

“Harapannya nanti setiap padukuhan ada anak-anak yang melestarikan budaya jawa terutama dalam hal pranatacara untuk kegiatan mantenan, sripahan, rapat-rapat RT, pengajian, dan lainnya,” ujar Kuswanto Kamituwo Mulyodadi.

Dengan terselenggaranya pendadaran ini, diharapkan para lulusan dapat berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan tradisi budaya Jawa. Pendadaran pawiyatan pranatacara dan pamedharsabda angkatan I ini menjadi bukti nyata bahwa budaya Jawa masih hidup dan terus berkembang berkat dedikasi dan semangat generasi muda yang siap menjaga warisan leluhur. (TimKre) 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License