Kirab Budaya Syawal Pasar Grogol Tahun 2024

Tim Kreatif 28 April 2024 23:18:19 WIB

MulyodadiNews - Minggu (21/4/24) Pemerintah Kalurahan Mulyodadi telah menyelenggarakan kegiatan Kirab Budaya Syawal Pasar Grogol yang diikuti oleh warga Padukuhan Carikan dan sekitarnya.

Kirab Budaya ini digelar dalam rangka kegiatan syawalan yang menjadi tradisi tahunan untuk saling memaafkan dan saling bersilaturahmi antar sesama. Kegiatan ini tentunya digelar setelah bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri.

Dalam kirab budaya ini, para warga mengenakan kostum bergada dan pakaian adat dengan mengelilingi Padukuhan Carikan sampai dengan Pasar Grogol dan membawa gunungan yang berisi hasil bumi.

Sesampainya di Pasar Grogol, terdapat pula pentas seni seperti jathilan dari berbagai padukuhan yang mampu memikat hati para penonton yang hadir. Kegiatan ini tentunya didukung penuh oleh Pemerintah Kalurahan Mulyodadi dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan sebelumnya agar kirab budaya dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan kali ini pula, kegiatan kirab budaya dihari oleh jajaran pemerintah, mulai dari Lurah Kalurahan Mulyodadi beserta jajarannya, Panewu Bambanglipuro, Bapak Ibu Dukuh, dan lembaga pemerintah terkait lainnya.

Melalui kegiatan kirab budaya syawalan ini, diharapkan dapat lebih mengenalkan berbagai tradisi dan budaya kepada generasi mendatang agar dapat terus dilestarikan dan menjaga warisan budaya. (Timkre)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License