Gelar Budaya Mangayubagyo Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X Ke-35

Tim Kreatif 19 Maret 2024 23:38:41 WIB

MulyodadiNews - Kamis (7/3/24) Kalurahan Mulyodadi ikut serta dalam kegiatan gelar budaya yang diselenggarakan di Malioboro Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka Mangayubagyo Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X Ke-35 atau ulang tahun kenaikan tahta.

Kegiatan gelar budaya ini diberi nama Kirab Trujana yang diambil dari pasukan elit bergada yang dibentuk pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono Ke-1. Dalam kegiatan ini, penonton akan di suguhkan tontonan pasukan keraton dan juga budaya adiluhung yang dapat membawa ke masa lalu dengan berbagai pakaian adat yang lengkap dengan senjatanya.

Gelar budaya ini dimulai pukul 16:00 WIB dengan pawai atau kirab budaya dari Gedung DPRD sampai dengan Dalem Kraton Yogyakarta. Kalurahan Mulyodadi ikut serta dengan membawa satu rombongan kesenian berupa Reog Wayang yang akan tampil di puncak Gelar Budaya.

Selain sebagai perayaan kenaikan tahta sultan, kirab ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga serta melestarikan warisan budaya dan memberikan pembelajaran bagi generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai tradisi dan sejarah. (Admin)

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License