Nyadran Warga Masyarakat Padukuhan Mejing

Tim Kreatif 02 Maret 2024 01:52:09 WIB

MulyodadiNews - Minggu (25/2/24) warga masyarakat Kalurahan Mulyodadi mengadakan kegiatan nyadran yang digelar di Makam Padukuhan Mejing dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1445 H.

Dalam kegiatan nyadran ini dilakukan beberapa prosesi mulai dari berkumpul bersama, doa bersama, hingga kirab gunungan ke Makam Padukuhan Mejing. Nyadran merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan di bulan Sya’ban atau Ruwah untuk mengucap rasa syukur dan mendoakan dengan mengunjungi makam para leluhur dan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Kegiatan ini dihadiri tidak hanya warga masyarakat Mulyodadi dan sekitarnya tetapi juga Lurah Kalurahan Mulyodadi dan para dukuh, beserta DPRD Bantul Dra. Ani Widayani M.I.P.

Nyadran ini tidak hanya mengandung unsur keagamaan, tetapi juga menekankan nilai-nilai kebersamaan. Warga masyarakat berharap agar tradisi nyadran dapat terus dilestarikan dan menjadi warisan yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Melalui nyadran, masyarakat mengingatkan diri untuk tetap bersatu dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal. (Admin)

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License