Belajar Batik Tulis dan Cap Bareng Pasinaon Srikandi

Tim Kreatif 21 Juni 2023 00:29:27 WIB

MulyodadiNews - Pasinaon Batik Tulis dan Cap Srikandi Mulyodadi adalah lembaga yang fokus pada pembelajaran dan pengembangan teknik penempatan motif dan pewarnaan dalam batik khas Mulyodadi, Batik Gayam. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 2 Juni 2023 ini Di Pasinaon, para peserta belajar tentang seni penempatan motif pada batik tulis melalui penggunaan canting dan menerapkan malam secara manual. Mereka juga mempelajari pewarnaan yang meliputi pemilihan warna, teknik gradasi, dan pengendalian intensitas warna. Selain itu, Pasinaon juga mengajarkan teknik pembuatan batik cap dengan menggunakan cetakan motif yang dicelupkan ke dalam malam dan ditekan pada kain. Para peserta belajar tentang pemilihan dan pembuatan cap yang sesuai dengan motif Batik Gayam, serta teknik penempatan dan pewarnaan pada batik cap.

Melalui pembelajaran di Pasinaon, para peserta dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam penempatan motif dan pewarnaan pada batik tulis dan cap. Mereka berupaya melestarikan dan mengembangkan batik khas Mulyodadi, yaitu Batik Gayam, baik dalam bentuk batik tulis maupun batik cap. Pasinaon berperan penting dalam menjaga warisan budaya batik Mulyodadi dan menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam seni batik serta menghargai keindahan dan keahlian tangan yang terkandung di dalamnya. (admin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License