Sosialisasi Pengelolaan Sampah Padukuhan Kraton

Tim Kreatif 27 Mei 2023 13:39:32 WIB

MulyodadiNews - Kraton, (24/05) Masalah sampah akan terus berkembang seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Setiap tahunya sampah terus menerut mengalami peningkatan. Hal ini bila dibiarkan akan menjadi sebuah masalah besar. untuk itu perlu diupayakan adanya pengelolaan sampah baik pengelolaan sampah organik maupun an organik. namun dalam masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bagaiaman pengelolaan sampah yang baik. Mereka cenderung memilih cara dengan membuang sampah kesungai ataupun membakarnya. Hal ini tentunya tidak dapat dibenarkan karena akan menimbulkan masalah baru kedepannya. Pemerintah desa mulyodadi melaksanakan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah di berbagai dusun di wilayahnya salah satunya di Padukuhan Kraton pada 24 Mei 2023.

Fathoni selaku fasilitator dari DLH menyampaikan Menciptakan lingkungan bersih sampah dengan tata kelola dan cara penanganan sampah dengan baik dan benar. Lakukan pemilahan sampah organik, anorganik dan limbah B3(bahan beracun dan berbahaya). Pemanfaatan sampah rumah tangga dan sampah yg bisa didaur ulang agar mempunyai nilai ekonomis. Selain itu pada kesempatan tersebut fasilitator juga menjelaskan bahwa mendirikan bank sampah/sodaqoh sampah untuk menampung sampah dari masyarakat untuk di pilah, kemudian dijual untuk membantu perekonomian keluarga. Untuk sistem sodaqoh sampah hasil penjualan masuk kas bersama yg uangnya digunakan untuk membantu warga yg kesulitan ekonomi.

semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatakan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah serta dapat memberikan inspirasi guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjaga lingkungan. (Admin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License