Kelas Pengasuhan Bagi Orang Tua Balita

Tim Kreatif 20 April 2023 15:27:09 WIB

Balita menjadi usia yang sangat penting bagi pertumbuhan seseorang. Dalam usia balita anak mengalami berbagai pertumbuhan baik dari pertumbuhan otah dan juga kesehatan badan. Tentunya dalam setiap pertumbuhan terdapat beberapa hal yang dapat menghambat pertumbuhan balita salah satunya adalah Stunting. Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Tentunya stunting atau kesehatan gizi anak dipengaruhi oleh pengasuhan dari orang tua. Orang tua tentunya perlu memperhatikan gizi yang baik bagi anaknya. Namun tidak jarang didapati orang tua yang masih keliru atau kurang tepat dalam pengasuhan anak. Untuk itu diperlukan adanya kegiatan kelas pengasuhan bagi orang tua balita.
Pemerintah desa Mulyodadi tentunya memiliki upaya lanjutan untuk mengatasi ataupun menghindari terjadinya stunting. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Mulyodadi adalah dengan bekerjasama dengan pihak puskesmas bambanglipuro untuk melaksanakan kelas pengasuhan bagi orang tua balita. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengarahan bagi orang tua balita yang terdeteksi stunting. Ibu Nestri Arul Fa’thini sebagai narasumber kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Asi eksklusif dan menu makanan seimbang menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari dan mengentaskan anak dari stunting. Ibu Nestri selaku ahli gizi dari puskesmas bambanglipuro juga menjelaskan bahwa menu makanan seimbang, pengasuhan saat kehamilan dan gizi bagi ibu hamil kuga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat mengurangi risiko stunting dan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License