Tanaman Obat menjadi Sangat Bermanfaat

Tim Kreatif 18 Maret 2023 08:43:35 WIB

Kepuh (5/3) Saat ini banyak didapati obat obatan yang ternyata berbahaya bagi tubuh. Obat yang seharusnya menyembuhkan penyakit malah menimbulkan penyakit baru. Hal ini patut disayangkan dan tentunya patut diwaspadai. Terlebih lagi banyak penyakit yang disebabkan oleh obat obatan kimia cenderung lebih berbahaya seperti gagal ginjal akut kanker dan berbagai penyakit lainnya. Sehingga sebaiknya penggunaan obat kimia dapat dikurangi. Selanjutnya dapat diganti dengan menggunakan obat tradisional seperti tanaman obat. Tanaman obat menjadi salah satu alternatif obat dikala terserang penyakit. Selain itu tanaman obat juga dapat meningkatkan imun tubuh sehingga mencegah tubuh terkena penyakit. Banyaknya manfaat dari tanaman obat tentunya perlu dimanfaatkan secara optimal. 

Pokja IV bekerja sama dengan Akademi Farmasi Yogyakarta Indonesia mengadakan kegiatan edukasi pemanfaatan tanaman obat untuk penyakit-penyakit tidak menular berbahaya seperti DM, hiperkolesterol dan hipertensi di Kampung Toga Kepuh RT 02. Kegiatan dihadiri oleh Bapak Lurah, Bapak Carik Kal.Mulyodadi, Bapak Dukuh Pad.Kepuh, ketua RT dan tokoh masyarakat serta warga. Kerja sama antara TP-PKK Kal.Mulyodadi dan Akademi Farmasi Yogyakarta Indonesia di Kampung Toga Binaan ini rencananya akan diselenggarakan selama 3 tahun dalam bentuk pemberian edukasi, penanaman tanaman toga utk pencegahan dan pengobatan penyakit DM, hiperkolesterol, dan hipertensi, serta pembuatan produk herbal dr hasil pengembangan tanaman toga di lahan pekarangan. Dalam kegiatan ini akademi farmasi yogyakarta memberikan penjelasan tentang manfaat berbagai tanaman untuk kesehatan dan tentunya memberikan contoh mengenai berbagai macam cara mengolahnya.  Masyarakat merasa sangat terbantu dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan tanaman obat secara maksimal sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License