Sosialisasi Pendewasaan Usia Pernikahan dan Kesehatan Reproduksi

Tim Kreatif 18 Maret 2023 08:25:58 WIB

Mulyodadi (2/3) pernikahan dini menjadi salah satu kasus yang hangat diperbincangkan akhir akhir ini. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa 33,76% pemuda di Indonesia mencatatkan usia kawin pertamanya di rentang 19-21 tahun pada 2022. hal ini tentunya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dikutip dari CNN Indonesia Provinsi jawa barat jawa tengah dan jawa timur memiliki jumlah usia pernikahan dini yang sangat tinggi hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian dari seluruh pemangku kepentingan. selain dapat terjadinya permasalahan dalam keluarga akibat masih kurang dewasanya pemikiran seseorang, pernikahan dini juga dapat menyebabkan resiko kehamilan yang tinggi di usia muda. Perempuan yang hamil di usia muda berisiko lebih tinggi terkena komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

Sosialisasi mengenai pendewasaan usia pernikahan dan kesehatan reproduksi menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat pernikahan dini. pemerintah desa mulyodadi pelaksanan sosialisasi tersebut guna memberikan gambaran mengenai risiko terjadinya pernikahan dini dan tentang kesehatan reproduksi. diharapkan dengan terlaksananya sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan pendewasaan usia pernikahan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License