Membangkitkan Literasi melalui Kegiatan Mendongeng dari Pasinaon Literasi

Administrator 23 Februari 2023 09:26:50 WIB

MulyodadiNews - Kegiatan Lomba Mendongeng (19/02/2023), dilaksanakan di Pasinaon Literasi Kepuh “Marsudi Laku Utomo” dengan menampilkan kolaborasi orangtua dan anak.

Pasinaon Literasi Kepuh yang merupakan salah satu binaan TP PKK Kalurahan Mulyodadi ini, konsen pada upaya untuk meningkatkan budaya literasi anak.Beberapa yang sudah dilaksanakan diantaranya pengadaan pojok baca, penyelenggaraan event #doreng (dolanan bareng) sambil belajar, pelatihan mendongeng dan terakhir ini adalah Lomba Mendongeng.

Lomba Mendongeng yang dilaksanakan ini dalam rangka memberikan pesan kepada masyarakat akan banyak manfaat dongeng bagi perkembangan anak. “Pesan yang ingin kami sampaikan dalam acara ini adalah Kedekatan antara anak dan orangtua itu harus terus dijalin supaya anak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, kemudian anak bisa mengontrol emosi, bisa bersosialisasi dengan baik. Kami berharap masyarakat luas semakin mengenal Pasinaon Marsudi Laku Utomo dan mengadaptasi apa yang sudah kami lakukan” penyampaianIbu Lia Lovianisa ketua Panitia Lomba Mendongeng.

Menurut Rukiyah (2018), dalam jurnal yang berjudul Dongeng, Mendongeng dan Manfaatnya, menjelaskan berbagai manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan mendongeng adalah:Menumbuhkan sikap proaktif; Mempererat hubungan anak dengan orang tua; Menambah pengetahuan; Melatih daya konsentrasi; Menambah perbendaharaan kata; Menumbuhkan minat baca;  Memicu daya pikir kritis anak; Merangsang imajinasi, fantasi, dan kreativitas anak; serta Memberi pelajaran tanpa terkesan menggurui.

Mari kita mulai kembali kebiasaan orangtua jaman dulu, yang mendongengkan anak-anaknya sebelum tidur. Kita mulai dari sekarang, untuk kita petik manfaatnya bagi anak-anak kita di masa yang akan datang. Mendongeng Itu Keren! Salam Literasi! (Admin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License