Padat Karya Tunai Desa - Angkat Walet

Tim Kreatif 07 Desember 2022 23:02:30 WIB

MulyodadiNews - Padat Karya Tunai Desa di Kalurahan Mulyodadi diadakan pada mulai tanggal 1 November 2022. Dalam program ini diarahkan pada angkat walet yang menyasar para petani yang tergabung dalam kelompok tani  Berjalannya program didampingi oleh Bapak Bayu Nurseto selaku pelaksana kegiatan dan pendamping desa Ibu Ida Fatma.

Adapun tujuan dari Program Padat Karya yaitu untuk mengurangi pengangguran, dan masyarakat miskin; Memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat; Meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat; Mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, perempuan, anak, dan kelompok marginal kepada pelayanan dasar, dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat; Membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dan Penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan Padat Karya tunai.

Angkat Walet dipilih karena melihat potensi pertanian kalurahan yang sangat besar. Fungsi dan tujuan angkat walet adalah dapat memperlancar aliran irigasi yang digunakan petani untuk mengairi sawah. Lancarnya saluran irigasi memiliki tujuan, pertama tujuan langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan untuk membasahi tanah berkaitan dengan kapasitas kandungan air dan udara dalam tanah sehingga dapat dicapai suatu kondisi yang sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan tanaman yang ada di tanah tersebut. Kedua, tujuan tidak langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan yang meliputi : mengatur suhu dari tanah, mencuci tanah yang mengandung racun, mengangkut bahan pupuk dengan melalui aliran air yang ada, menaikkan muka air tanah, meningkatkan elevasi suatu daerah dengan cara mengalirkan air dan mengendapkan lumpur yang terbawa air, dan lain sebagainya. Pemberdayaan petani desa yang dilakukan kalurahan Mulyodadi sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan petani. (Tim Kreatif - edt)

Dokumen Lampiran : Padat Karya Tunai Desa


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License