Ulangtahun BKOW DIY : Menyelamatkan Lingkungan Hidup Dengan Pendampingan dan Pelatihan Membatik

Tim Kreatif 31 Oktober 2022 11:12:42 WIB

MulyodadiNews - Tepat pada tanggal 3 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB, Kalurahan Mulyodadi mengadakan kegiatan pendampingan dan pelatihan membatik untuk kader – kader PKK Kalurahan Mulyodadi yang dilaksanakan dengan mengangkat tema menjaga dan menyelamatkan lingkungan hidup dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-39 BKOW DIY tahun 2022. Pelatihan bertempatkan di Gedung Serbaguna kawasan kantor Kalurahan Mulyodadi.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kalurahan Mulyodadi Ibu Niken Anggraeni, M.A. mengucapkan selamat ulang tahun kepada BKOW dengan harapan supaya menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dan pengurus maupun anggota menjadi ibu-ibu yang hebat.

“Pelatihan ini dilaksanakan akibat adanya beberapa kegagalan yang terjadi dalam pembuatan batik karena kurangnya pemahaman dan kemampuan membatik oleh pembatik di wilayah Kalurahan Mulyodadi” ujar Ibu Niken Anggraeni, M.A.

Dari pagi hingga siang hari, mereka mendapatkan berbagai materi teori dan praktik dari sejumlah narasumber yang berasal dari BKOW DIY yaitu Ibu Candra Khuriyati dan Ibu Hj. Dyah Suminar, S.E.

“Harapannya BKOW selalu eksis dan konsisten dalam melakukan pemberdayaan di wilayah DIY” kata Ibu Hj. Dyah Suminar, S.E.

Ibu Candra Khuriyati  selaku narasumber memperkenalkan mengenai batik gayam yang menjadi icon dari Kalurahan Mulyodadi.

 “Batik gayam menjadi salah satu produk dari Kalurahan Mulyodadi yang telah memiliki hak paten. Pembuatan batik bermotif gayam memiliki upaya untuk meningkatkan nilai budaya dan pemberdayaan pengerajin batik agar lebih berkembang. pengembangan batik gayam masih di selaraskan dengan budaya lokal” kata Ibu Candra Khuriyati.

Selain itu juga agar budaya yang adiluhung sebagai warisan nenek moyang tidak akan punah dan kembali bergaung di Kalurahan Mulyodadi.

Diharapkan akan membula lapangan kerja sehingga dapat mengurangi penggangguran di Kalurahan Mulyodadi. (tim Kreatif)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License