Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di Kalurahan Mulyodadi

Administrator 27 Oktober 2021 14:39:29 WIB

MulyodadiNews - Kalurahan Mulyodadi memberi kesempatan kepada siswa-siswi dari sekolah menengah untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan sekolah dalam rangka memberi gambaran kepada siswa-siswi pada saat mereka terjun ke dunia kerja nanti sesuai dengan bidang kompetensi dan jurusan siswa-siswi tersebut.Secara garis besar, kegiatan yang dilaksanakan dalam program PKL ini adalah :

  1. Melayani kebutuhan masyarakat
  2. Mempraktikkan metode administrasi yang digunakan Kalurahan Mulyodadi
  3. Memahami siklus akuntansi di Kalurahan Mulyodadi
  4. Mengikuti event-event yang diadakan oleh Kalurahan

 

Empat siswa dari kelas XII Akuntansi Keuangan Lembaga SMKN 1 Bantul mendapat kesempatan untuk melaksanakan PKL di Kalurahan Mulyodadi,tepatnya di Balai Kalurahan Mulyodadi.Pelaksanaan PKL sebenarnya berlangsung selama 3 bulan yaitu pada tanggal 28 Juni- 27 Agustus 2021. Namun karena meningkatnya penyebaran virus Covid-19 maka program PKL ini ditunda menjadi tanggal 1 September-19 November 2021. Selama kurang dari 3 bulan proses PKL ini berlangsung,peran guru pembimbing selain menyerahkan siswa ke kalurahan, pembimbing juga melakukan komunikasi serta monitoring secara intensif kepada siswa maupun pihak kalurahan.

Selama periode PKL ini,para siswa menentukan jadwalnya serta mengenakan seragam sekolah seperti biasanya kecuali apabila ada event tertentu.Dengan pembuatan jadwal ini diharapkan agar siswa dapat fokus melaksanakan kegiatan PKL dan pembimbing mudah dalam pembagian tugas kepada mereka.Selain itu juga untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.Proses PKL dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.Diantaranya jadwal yang diatur sedemikian rupa agar tidak bergerombol,memakai masker,dan menjaga jarak.Dengan demikian diharapkan pelaksanaan PKL ini tetap berjalan lancar,aman,dan tetap sehat.

Melalui kegiatan PKL di Kalurahan Mulyodadi ini para siswa memperoleh banyak manfaat, antara lain :

  1. Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada siswa serta mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
  2. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga dapat bekerja dengan baik.
  3. Melahirkan sikap bertanggungjawab,disiplin,sikap mental,etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  4. Menambah kreativitas siswa agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat pada dirinya.

 

"Melalui kegiatan PKL ini kami bisa meningkatkan kemampuan kita terutama bagaimana bersosialisasi serta etika yang baik dalam melayani masyarakat," ucap Rifka Dava Anggraeni sebagai salah satu siswa PKL. (admin kalurahan – Dinda)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License