Perkembangan yang Sangat Pesat di DIY, Kalurahan Mulyodadi menjadi obyek penelitian

Administrator 25 Februari 2021 11:22:27 WIB

Mulyodadinews – Selasa (16/02/2021) Lurah Mulyodadi Ari Sapto Nugroho, SH. diwawancarai oleh mahasiswa UGM tingkat akhir yg berminat untuk meneliti Kalurahan Mulyodadi dengan topik Strategi Kalurahan Mulyodadi untuk Menjadi Desa Mandiri. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa UGM yang berasal dari Batak. Tidak ada satupun dari kita yg mengenal mahasiswa tersebut.

Yang bersangkutan tertarik untuk mengangkat Kalurahan Mulyodadi menjadi obyek penelitian setelah yang bersangkutan mendapatkan data langsung dr Kementrian Desa yang menunjukkan bahwa berdasarkan Indeks Desa Membangun, Kalurahan Mulyodadi adalah kalurahan di DIY yang berkembang sangat pesat dalam kurun waktu  2 tahun terakhir ini, dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju hingga saat ini Kalurahan Mulyodadi menjadi Desa Mandiri. Berdasarkan data tersebut, hanya 3 desa di DIY termasuk Mulyodadi (2 desa lainnya di Sleman) yang mengalami perkembangan sepesat itu dalam kurun waktu sesingkat itu pula.

Dalam wawancara ditanya mengenai strategi apa yang Lurah Mulyodadi terapkan untuk mendukung program pembangunan di wilayah. Ari Sapto Nugroho, SH Lurah Mulyodadi menyampaikan bahwa berupaya untuk menjadikan lembaga kalurahan dan warga masyarakat yang lebih mandiri dan tidak terlalu tergantung dengan dana pemerintah. Utk itu ada beberapa strategi yg dilakukan:

  1. Pelibatan warga untuk saling bantu
  2. Perencanaan Pembangunan dari usulan tingkat bawah berdasarkan permasalahan yg harus diatasi
  3. Mengoptimalkan 1 Padukuhan 1 Produk yang bernilai ekonomi dengan support dan pendampingan dari Lembaga Kalurahan
  4. Pengembangan wirausaha pada Lembaga Kalurahan (batik dan jasa boga), yang kemudian labanya digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan yg tdk didanai pemerintah
  5. Membangun link kerja sama dg pihak luar (Anggota Dewan, Unversitas, dan instansi lainnya)

Kemudian ketika ditanya mengenai faktor pendorong kesuksesan keg pemberdayaan yg dlakukan oleh Kalurahan Mulyodadi, disampaikan bahwa faktor utama adalah dikelilingi SDM yang mumpuni, yaitu Bapak/Ibu Pamong Kalurahan Mulyodadi, Seluruh Kader dan Relawan dari Lembaga Kalurahan yang terus berusaha bergerak bersama-sama utk membantu warga mengembangkn diri dg berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Ari Sapto Nugroho berharap semoga skripsi mahasiswa tersebut nantinya juga bermanfaat untuk kita, utamanya utk membuka lebih banyak mata yang peduli dengan apa yang sedang kita perjuangkan ini, yang kemudian bisa membantu kita utk mewujudkan cita-cita kita menjadi warga yang mandiri dan sejahtera.

Terima kasih, kepada seluruh warga Mulyodadi semua sudah selalu mensupport Pemerintah Kalurahan Mulyodadi sehingga sekarang ini kita bisa melangkah sejauh ini. Semoga menjadi berkah untuk kita semua. Selamat untuk desa/kalurahan kita, semoga ini bs menjadi pemicu untuk lebih maju. Ingat selalu 3M, Mbangun Mulyaning Mulyodadi (Admin Kalurahan)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License