10 Tips Mengendarai Sepeda Motor Waktu Hujan dari Dinas Perhubungan DIY

Administrator 30 Januari 2018 12:00:55 WIB

Mulyodadi - Cuaca Desa Mulyodadi yang akhir-akhir ini terjadi hujan yang cukup lebat disertai angin yang kencang membuat kita harus lebih waspada, terutama saat berpergian dengan sepeda motor. Supaya berpergianmu tetap aman dan nyaman selama musim hujan, yuk simak 10 tips berkendara yang aman saat hujan.

  1. Memakai jas hujan

Bagi kamu yang berkendara menggunakan motor, pakailah jas hujan. Supaya kamu dan barang-barangmu tidak kehujanan. Disarankan untuk memakai jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena lebih aman dan tidak ribet.

  1. Memakai helm berkaca

Memakai helm berkaca saat hujan akan melindungimu dari hantaman hujan, sebab sakitnya hantaman hujan akan mangganggu konsentrasimu dalam mengemudi. Padahal saat hujan diperlukan konsentrasi yang ekstra.

  1. Menyalakan lampu kendaraan

Menyalakan lampu kendaraan sangatlah penting. Sebab saat hujan, pandangan pengemudi akan terganggu oleh air. Sehingga menyalakan lampu kendaraan bisa membantumu untuk tetap melihat jalan.

  1. Memeriksa ban kendaraan

Memeriksa kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraanmu melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan. Jangan menggunakan ban yang sudah tipis

  1. Memeriksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan

Komponen kendaraan yang dimaksud yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat di jalan

  1. Mengurangi kecepatan

Hujan membuat jalan menjadi licin. Maka dari itu, berhati-hatilah saat berkendara dengan mengurangi kecepatan kendaran. Supaya tidak jatuh tergelincir di jalan.

  1. Menjaga jarak dengan kendaraan lain

Dikarenakan kondisi jalan licin, kamu harus mengambil jarak dengan kendaraan lain. supaya menghindari tabrakan dan kecelakaan. Karena kondisi jalan yang licin membuat kendaraan tidak bisa berhenti mendadak.

  1. Jangan menerobos genangan air

Hujan menyebabkan lubang-lubang pada jalan menjadi tergenang. Jangan menerobos genangan air karena kamu tidak tahu berapa kedalaman lubang tersebut. Sehingga memungkinkan kendaraanmu akan terperosok ke lubang.

  1. Jangan menyalakan mesin saat kendaraan mogok terjebak banjir

Sebab air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraanmu. Jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan dapat terjadi korsleting.

  1. Berteduhlah saat hujan deras

Jangan memaksa berkendara saat hujan deras. Berteduhlah dulu. Karena hujan deras akan sangat mengganggumu berkendara. Jalanan akan dipenuhi kabut hujan. Sehingga membuatmu susah melihat.

Sumber > Twitter Dinas Perhubungan DIY

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License