BUDOYO RINONCE, Pentaskan Srandul Lestarikan Kesenian Daerah

27 Desember 2017 21:14:30 WIB

Mulyodadi – Sabtu, 9 Desember 2017 dalam rangka membangun semangat melestarikan budaya, kelompok pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Kesenian Budoyo Rinonce berusaha menampilkan salah satu warisan budaya yakni kesenian srandul. Srandul adalah sebuah wujud kesenian drama tari rakyat yang bernafaskan Islam. Apabila ditengok dari syair dan adegan yang di dalamnya menunjukkan adanya upaya dakwah untuk perbaikan pendidikan moral, agama, etika, dan estetika.

Acara yang digelar di Dusun Jipangan ini dihadiri oleh Lurah desa Mulyodadi, Pamong Desa Mulyodadi, beberapa elemen Pemerintah Desa, dan tentunya masyarakat sekitar. Pada malam itu Paguyuban Kesenian Budoyo Rinonce yang beranggotakan 30 orang, menampilkan lakon yang berjudul “Lamdahur Tumungkul”. Cerita ini mengisahkan tentang seorang prabu yang melamar putri kerajaan, tetapi lamaran tersebut tidak diterima, karena putri tersebut lebih memilih prabu dari kerajaan lain. Kekesalan lamaran yang tidak diterima tersebut berakibat niatan prabu untuk mengibarkan bendera perang menjajah kerajaan tersebut. Tapi berakhir kekalahan. Diakhir cerita justru wilayah tersebut lah yang jatuh ke tanah jajahan.

Meski hujan terus mengguyur malam itu, namun acara tetap berlangsung dengan lancar hingga selesai. Acara dimulai pukul 20.00 dan berakhir pada pukul 1 dini hari. Diharapkan dengan acara ini masyarakat akan lebih mencintai budaya dan berusaha untuk selalu melestarikannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License