Koordinasi Persiapan Festival Kethoprak Antar Kring Desa Mulyodadi

Administrator 21 November 2017 16:59:32 WIB

Mulyodadi – Bertempat di Pendopo Balai Desa Mulyodadi, Pemerintah Desa Mulyodadi mengadakan rapat koordinasi persiapan Festival Kethoprak Antar Kring Desa Mulyodadi. Rapat dibuka oleh Lurah Desa Mulyodadi, Ari Sapto Nugroho, S.H. yang menyampaikan bahwa Festival Kethoprak Antar Kring tahun 2017 merupakan yang pertamakali akan dilaksanakan. Direncanakan  akan diselenggarakan di Aula Desa Mulyodadi yang baru, sebagai peresmian Aula juga, pada tanggal 29 November 2017.

Festival Kethoprak Antar Kring adalah perlombaan pentas seni antar kring (istilah untuk kelurahan jaman dulu) untuk lebih menggiatkan kesenian yang sudah ada, khususnya kesenian Kethoprak dan meregenerasi agar budaya dapat terwariskan karena akan melibatkan pemain-pemain muda. Perlu diketahui, Desa Mulyodadi menurut sejarahnya merupakan gabungan dari empat (4) kelurahan, yaitu: Kelurahan Pete, Kelurahan Bekang, Kelurahan Tulasan, dan Kelurahan Grogol. Penggabungan empat (4) kelurahan tersebut berdasarkan Maklumat Pemerintah DIY tahun 1946 dan secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 05 tahun 1948 tentang perubahan daerah-daerah Kalurahan, dengan nama MULYODADI, yang terbagi menjadi 14 Pedukuhan dan 84 RT.

Menurut Pendamping Budaya Disbud DIY Agus Kayun, Ketoprak merupakan jenis pertunjukan rakyat yang memiliki gabungan unsur-unsur tari suara, musik, sastra, drama, dan lain-lain, yang sangat bagus untuk dikembangkan dan diregenerasi agar pemain-pemain muda bisa turut melestarikan. Untuk naskah juga sudah siap dan sudah diedarkan untuk koordinator tiap kring dengan penanggungjawab Kepala Dusun. “Mbangun Mulyaning Mulyodadi” (Admin Desa)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License