Merti Dusun Kring IV Desa Mulyodadi

Administrator 09 Oktober 2017 09:22:48 WIB

Mulyodadi - Merti Dusun Kring IV Desa Mulyodadi merupakan tradisi sedekah desa atau dusun yang diselenggarakan masyarakat dusun di Kring IV yaitu Dusun Kepuh, Dusun Ngambah, Dusun Warungpring, Dusun Carikan Desa Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul setelah dilakukan panen hasil pertanian. Tradisi ini telah dilakukan sejak beberapa puluh tahun lalu dan menjadi agenda masyarakat dengan panitia utama dari Dusun Kepuh yang setiap RT menampilkan kesenian dan jodang.

Kegiatan Merti Dusun yang kegiatannya difokuskan di Kring IV Desa Mulyodadi ini menjadi puncak acara. Kegiatan Kirab Budaya dan Genduri masal dilaksanakan hari ini, Minggu tanggal 8 Oktober 2017. Dimulai tadi pada pukul 13.00, diawali dengan pelaksanaan kirab budaya. Selanjutnya, akan diselenggarakan Pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Seno Nugroho pada tangal 13 Oktober 2017.

Perlu diketahui, dalam kegiatan Gebyar Budaya Desa Mulyodadi tahun 2017 ada beberapa agenda budaya yang diselenggarakan antara lain Event Bantul Harmony Expo di Ambarukmo Plaza, Gelar Budaya di Kabupaten bantul, Pagelaran Wayang kulit di Dusun Ngambah, Dusun Bebekan, dan Dusun Carikan.

Kegiatan Hari ini melipatkan peserta kirab dari: Pamong Desa, Karang Taruna Desa, Warga Dusun Kepuh dan Warga Kring IV (Dusun Ngambah, Warungpring, dan Carikan), dengan jumlah peserta kurang lebih 584 peserta. Rute Kirab: melalui 4 Dusun (start dari Lapangan Voli Dusun Kepuh kearah timur melalui dusun Ngambah ke Utara, Perempatan Mbucu ke Barat menuju Pasar Grogol, kemudian keselatan melalui Warungpring, dan finish di Lapangan Voli kembali). Sedangkan untuk peserta genduri berjumlah 475.

Menjelang dimulainya acara, terlihat arus penonton dari luar dusun  datang untuk sekedar menonton atau menyaksikan keramaian yang terdapat di sekitar dusun Kepuh. Untung saja pihak keamanan dari Bhabinkamtibmas dan FKPM Desa Mulyodadi dengan tanggap mengarahkan kendaraan penonton untuk memarkir di halaman rumah warga agar tidak mengganggu jalannya kirab

Kirab dimulai dengan arak-arakan barisan orang berpakaian adat jawa, kemudian barisan orang membawa jodang atau tandu berisi gunungan hasil bumi. Kirab dilakukan dengan mengelilingi kawasan Kring IV Desa Mulyodadi kemudian kembali ke tempat semua.

Setelah kirab selesai, dilakukan Pementasan berbagai kesenian adat dari semua RT di pedukuhan Kepuh. Perlu diketahui bahwa setiap RT di pedukuhan Kepuh mempunyai kelompok kesenian sendiri-sendiri, mulai dari Reog, Jathilan, Gedrug, Seni Tari, dll. Acara dilanjutkan doa bersama antara warga dusun dengan para tamu beserta penonton yang hadir. Acara ini ditutup dengan rayahan atau rebutan gunungan hasil bumi oleh para penonton yang hadir. Meskipun acara kirab dan rayahan sudah selesai, rangkaian acara belum berakhir karena akan Pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Seno Nugroho pada tangal 13 Oktober 2017

Acara ini dapat terlaksana dengan usaha dan dukungan dari semua pihak. Terimakasih kepada segenap panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini. Terimakasih kepada Dinas Kebudayaan DIY, Bapak Bupati Bantul, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Bapak Camat, Muspika kecamatan Bambanglipuro, Pendamping Budaya, serta seluruh pamong Desa yang mendukung penuh terlaksanaanya acara ini. Terimakasih kepada para donator dan sponsor acara. Tak Lupa, terimakasih juga kepada warga masyarakat Pedukuhan Kepuh, Ngambah, Warungpring, Carikan serta warga Desa Mulyodadi  yang berpartisipasi secara langsung dalam acara ini. (Admin Desa)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License