Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Administrator 26 September 2017 16:11:53 WIB

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai salah satu program Nasional dalam rangka pembangunan kesehatan Masyarakat, dilaksanakan oleh Puskesmas Bambanglipuro bekerjasama dengan TP PKK Desa Mulyodadi hari Minggu tanggal 24 September 2017 di Balai Desa Mulyodadi. Gerakan terdiri dari 3 fokus kegiatan, yaitu pemeriksaan/cek kesehatan, peningkatan aktifitas fisik, serta pembiasaan konsumsi sayur dan buah.

Acara yang diikuti oleh ibu-ibu warga masyarakat Bambanglipuro, kader, anggota PKK, dan perwakilan guru, dimulai dengan pemeriksaan/cek kesehatan peserta oleh puskesmas dan kader kesehatan Desa. Kemudian dibagikan goodiebag yang berisi leaflet, handuk, snack, dan buah. Peserta lalu mengikuti senam masal yang dipandu oleh instruktur senam profesional. Setelah kegiatan senam, peserta makan buah bersama sambil dilaksanakan pembagian doorprize. Diharapkan pesan dari GERMAS ini dapat ditangkap oleh peserta sehingga semakin memasyarakat dan selanjutnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir juga dalam acara tersebut Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Bapak Ibu Camat, Perwakilan Muspika, Bapak Ibu Lurah beserta Pamong Desa. “GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin dan dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” tutur Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr.Tarsisius Glory

Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Semoga warga masyarakat Bambanglipuro dapat menerapkan kegiatan Germas ini dalam kehidupan sehari-hari. (Admin Desa)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License